Senin, 05 Februari 2018

 

Manfaat Daun Miana Untuk Obat Turun Berok Dan Lainnya

Tumbuhan Miana lebih populer dengan sebutan daun Iler atau Jawer merupakan tumbuhan dengan nama ilmiah Coleus scutellarioides. Tumbuhan ini seringnya ditemukan di tempat yang mempunyai elevasi sekitar 1500 meter dari permukaan laut. Sering ditemukan hidup dan berkembang di ambang sawah atau pinggir sungai. Memiliki daun dengan warna merah gelap agak hitam. Manfaat daun Miana kecuali termasuk di antara jenis tumbuhan hias, juga dapat menjadi bahan obat herbal.

Manfaat Daun Miana Untuk Obat Turun Berok Dan Lainnya

1. Mengobati wasir
Daun Miana yang dikombinasikan bareng sejumlah herba beda ternyata berkhasiat sebagai penyembuh alami wasir. Cara meramunya lumayan simpel, sediakan 17 helai daun Miana yang baru dipetik, 7 helai daun Ngokilo serta sejari kunyit. Bersihkan ketiga bahan tadi sampai bersih lantas masak bareng 5 gelas air sampai mendidih, angkat. Setelah agak mendingin saring dan minum ramuan 1 gelas guna satu kali minum. Sehari lumayan sekali saja.

2. Mengobati bisul
Kecuali guna mengobati wasir daun Miana pun dapat digunakan guna menangani bisul. Untuk tersebut sediakan daun Miana segar lumayan selembar saja. Cuci bersih lantas oleskan minyak kelapa sampai melapisi semua permukaan daun. Panaskan sejenak di atas api. Tunggu sampai agak dingin kemudian kompreskan di bisul.

3. Menyembuhkan fenomena demam
Sediakan sebatang Miana menyeluruh dengan daunnya. Cuci sampai bersih lantas iris-iris. Masak bareng 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa dua gelas. Sebelum diminum saring dulu ramuan ini. Dosis pemakaian ialah setengah gelas guna sekali minum. Sehari lumayan dua kali di pagi dan senja hari.

4. Meredakan batuk
Stamina yang merosot bisa dominan pada kesehatan. Cuaca berubah-ubah juga ikut bertanggung jawab terhadap terjadinya keluhan laksana flu dan batuk. Batuk dapat menghambat kegiatan sehari-hari anda. Manfaat daun Miana pun dapat mengobati batuk anda. Meskipun rasanya pahit akan namun daun dapat meredakan batuk bahkan yang sudah sejumlah hari belum kunjung sembuh. Ramuan daun Miana akan menerbitkan dahak di tenggorokan dan di paru-paru. Serta mengobati radang yang terjadi di tenggorokan. Siapkan daun Miana, telur ayam dusun serta madu. Daun Miana setelah dibersihkan tumbuk sampai halus, lantas peras. Campurkan jadi satu air perasan daun Miana, kuning telur serta 1 sdm madu. Minum ramuan segera, tidak boleh minum air putih setelahnya. Lakukan ritual pengobatan ini sekitar 5 hari beruntun atau sampai kondisi batuk mereda.

5. Mengatasi haid tak tertata atau terlambat
Manfaat daun Miana ini khusus guna wanita yang mempunyai siklus menstruasi tak teratur. Siapkan sejumlah lembar daun Miana segar, cuci dan lantas rebus beserta 2 gelas air. Setelah mendidih, tunggu sampai air bermukim separohnya. Setelah agak dingin rebusan disaring dan segera diminum. Sehari lumayan sekali saja dan kerjakan selama 3 hari berturut-turut.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar